OSPEK Ketinggalan

Assalamualaikum

Yihiiii, balik lagi di blog aku yaah. Kali ini aku mau share kegiatan aku di tanggal 24 Agustus 2019, seorang gadis dan ratusan mahasiswa lainnya tengah melakukan kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) di universitasnya. Padahal gadis itu dan sebagian besar mahasiswa lainnya sudah semester tiga dan ada juga yang semester lima, tapi kenapa masih di ospek yah?


Yoyo! Selamat pagi semua. Pagi pagi pagi.

Eh? Ngapain sih? Oh ospek yah. Wait what? Ospek lagi? Kan udah semester tiga? Kenapa masih ospek? Dari kemarin kemana aja neng? Hahahaha.

Ok ok. Jadi begini. Aku adalah mahasiswi di salah satu universitas swasta di Medan, semester tiga jurusan Sistem Informasi. Nah, dulu waktu pertama daftar, aku ketinggalan informasi tentang ospek. Aku ga tau kalau ternyata ospek di kampus harus daftar dulu. Dulu waktu aku di Universitas Islam Negeri engga ada daftar-daftar begitu. Taunya kita para mahasiswa baru dateng dengan atribut sesuai dengan tanggal yang udah ditetapin. Jadi aku kira hal yang sama juga terjadi di kampus baruku ini.

Qodarullah, jadilah aku ketinggalan ospeknya. Ga hanya aku aja, temen sekelasku juga banyak yang belum ospek. Kebanyakan alasannya karena sudah kelebihan kuota, jadi ga bisa daftar lagi. Baiklah, kita harus menunggu hingga semester ganjil berikutnya untuk ikutan ospek bersama mahasiswa baru.

For your information nih, setelah ospek akan diberi sertifikat dan itu menjadi salah satu syarat dari kampus untuk bisa magang. Yayaya, kita harus ikutin peraturan kampus. Mau lulus tepat waktu kan nak? Yuk berbuat baik dan ikhlas yah, karena Allah. Eaaaaaaaaa

Kebetulan untuk tahun ini, aku hanya ikut di hari terakhir. Untuk yang bekerja diberi keringanan memilih satu dari tiga hari yang disediakan untuk ospek. Kamis, Jumat dan Sabtu. Ya. Aku pilih Sabtu, karena libur kerja. Jadi ga perlu izin-izin ke atasan.

Emang dasarnya aku suka ngedumel yah, aku masih engga terima harus ospek begini. Adek udah kepala dua, masih diospek. Hmmm. Sungguh terlalu. Padahal ga hanya aku doang yakan? Masih banyak yang lain, tapi karena kebanyakan gengsi jadinya ngedumel mulu. Huh! Dasar aku *jangan dicontoh ya men temen.


Tiap ngedumel, aku langsung nampar diri dengan ngomong "Hai manusia yang berproses untuk hijrah, Allah ngeliat kau ngedumel lho, cuma beli 6 botol air mineral, coklat, pir, snack micin,apel, gula sekilo dan bibit pohon aja ngeluhnya sampe kelangit, ikhlas dong! Ga akan habis gaji mu beli begitu doang. Ikhlas ospek ini karena Allah, Allah meridhoi kau buat ospek tahun ini, coba kalau ditakdirin tahun depan, haaaa! bingung kan mau gimana magangnya? Makanya ikhlas karena Allah". Astaghfirullah 

Redamlah amarah sama diri sendiri. Jadi ini ceritanya, yang datang hanya di hari Sabtu, wajib bawa barang yang dibawa pada hari Kamis dan Jumat. Shock waktu tau kan. Yahhhhhhhhhh masa mesti dibawa semua sih. Yaudah deh yaudah. Tetep ikutin peraturan. Ingat ini semua harus ikhlas karena Allah.

*Jeng jeng jeng* Hari yang ditunggu akhirnya tiba. PKKMB hari terakhir dimulai. Padahal kampus sendiri, tapi aku jadi canggung karena ga ada temen sekelasku. Aku benci sendirian :) Begitu datang, kakak panitianya langsung periksain.

"Mana atributnya kak?"
"Ditas"
"Dipake ya kak, itu masker dibuka"
"Oh oke kak"
"Kak itu lipstik dihapus ya"
*ngelap bibir pake tangan

Ikhlas nisa, ikhlas. Cantik jelek ga ada yang peduli. Jomblo aja kok. Wkwkwkwk
Dengan canggung, masuklah diriku yang sudah menggunakan bet nama tali plastik dan topi SMA.
Langsung tanya ke panitia grup 23 yang mana. Setelah dapet, aku langsung duduk. Paling Depan. Duh duh.Yang belakang udah penuh. Dan ga lama kemudian, acara dimulai.

Diawali dengan semangat dari dua host kece, lalu dilanjut dengan dance kpop dan battle beatbox. Adek mah dibawah sini cuma diem aja :) mangut mangut tepuk tangan. Setelah itu ada ceramah dari dosen Pak Fauzi tentang pkkmb dan dirangkap dengan muhasabah diri. Nasehat dari Pak Fauzi adalah : "Ketuklah pintu langit dengan mendekatkan diri kepada Allah, dan ketuklah pintu bumi dengan mendekatkan diri kepada orang tua". Masyallah.

Setelah selesai dengan ceramah Pak Fauzi, dilanjut dengan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Potensi Utama. Untuk di hari Sabtu, ada ukm UKMI, PUCC, SASEPU, dan PASCAL. Untuk ukm yang lain sepertinya sudah dijelaskan pada hari sebelumnya.

Dari ke empat ukm yang ada, aku emang ngefans banget dong sama PUCC. Dari semester satu pengen masuk, tapi terhalang dengan waktu karena aku bekerja. Jadi di PUCC sendiri itu ada empat divisi, Knowledge and Technology, Network Security, Multimedia dan Programming. Aku sendiri pengen masuk ke programming. Aku merasa tertantang banget sama codingan, walaupun yang aku tau hanya print dan echo saja.. hahaha

Ada juga penampilan seru dari SASEPU. Wihhh bakat terpendamku seolah ingin bangkit. Hahaha pengen ikut nari walau gerakanku tak seberapa. Tapi asli banget lah, anak SASEPU edan euy, mantapppppp! Keren banget. Ukm paling kompak sih menurutku. The best buat SASEPU tapi aku masih tetep pilih PUCC hehe. *bukan endorse

Well i enjoyed all performances. Tapi setelah ishoma agak ngebosenin. Udah mulai ngantuk berat. Akhirnya nundukin kepala, yak pejamkan mata. Tapi kaget, gara-gara suara loudspeaker gede banget dan posisinya pas didepan kelompok kami :) yey gajadi bobok ciang. Hahaha

Nah engga lama-lama setelah penampilan ukm terakhir selesai, disediakan waktu tiga puluh menit untuk siapa aja yang mau daftar ukm sesuai peminatan masing-masing. Waktu berjalan, ada yang nyanyi, ada yang tidur, ada yang ngobrol wkwkwk banyak deh bentuknya. Aku mah apah, bisa diem aja. Pengen daftar PUCC tapi percuma kalau ga pernah ikutan meet up nya.

Nah setelah selesai, akhirnya bagi-bagi hadiah. Disebutin tuh pemenang like instagram terbanyak, yel-yel terbaik juga kakak instruktur dan grup pkkmb terbaik. Kelompok kita, 23 mah MENANG. Wkwkwk MENANGGUNG malu. Becanda. Gitu aja kok baper sih.



Yaudah segitu dulu aja, ga panjang-panjang. Karena waktu sehari itu memang singkat sekali. Aku berharap dengan kegiatan ini, setfikatku bisa keluar :) Aamiinn (tujuan awal). Eh engga itu aja dong. Untuk para mahasiswa baruu, SEMANGAT!! Yang kuliah pagi dimanfaatin waktu berharganya buat ikutan ukm supaya relasi dan ilmu semakin berkembang.

Dan untuk yang masuk malam yeyyyyyy harus lebih semangat dong plis. Memang kita capek ya, habis kerja langsung kuliah. Percayalah kalian ga akan mandi itu. Ga sempat lagi. Kalo Brayan macet dahlah, goodbye kalo ketemu dosen killer wkwkwk tapi engga kok. Dosen di kampusku baik-baik. Oke baiklah, kita cukupkan sampai disini. Assalamualaikum, thanks for reading.


Related Posts

Post a Comment