Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing 2014 - Kota Malang, Jawa Timur

1 comment

Assalamualaikum

Jadi di postingan kali ini aku mau sharing pengalaman aku ikutan Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing di Kota Malang, Jawa Timur. Keep scrolling! Hihihi


Jadi ini adalah pengalaman pertama yang sangaaaaaaaaaaaaat berkesan banget. Pengalaman pertama kali ikutan lomba tanpa persiapan, pertama kali mewakili Sumatera Utara untuk lomba debat, pertama kali naik pesawat, dan pertama kali menginjakkan kaki di pulau Jawa.

Umurku baru 15 tahun waktu itu, kalau kalian ada baca story sebelumnya di When my extra ordinary life was started nah disitu aku ada jelasi gimana aku dan Mutia bisa menang Seleksi Pengiriman GBPN Siswa Berprestasi SMK Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2014 dan akhirnya jadi perwakilan lomba debat ke Malang. 


Singkat cerita, flight kami dari Medan ke Surabaya di jam 5 pagi bener-bener bikin deg-degan. Miss Tan sampai tidur di rumahku biar ga ketinggalan flight. Baju sekoper udah siap digeret, tiket juga udah ready. Akhirnya kami berangkat dari rumah ke bandara naik motor. Kebayang kan gaes? Dari rumah naik motor ke bandara Kualanamu. Berasa banget anginnya boiiiii hahahaha.


Duh .. siapa sih yang ga seneng kalau naik pesawat, gratis. Flight Garuda lagi. Aku dianter rame-rame sama keluarga, karena memang ini adalah pertama kalinya untukku jadi semuanya pada khawatir. Well, i love you fam!

Check in udah, salam-salaman pake nangis segala juga udah. It's boarding time. Dulu untuk id cardnya aku pakai kartu NISN karena dulu belum punya kartu tanda siswa dari sekolah karena masih semester 1.

Nah... waktu posisi pesawat udah diatas, telingaku tiba-tiba sakit banget. Karena aku pernah baca artikel, yang seperti itu sudah biasa, tekanan udaranya sudah berbeda jadi bagi yang sensitif ya jadinya seperti itu. Jadi aku langsung bawa tidur aja biar ga kerasa banget. Dan waktu aku bangun, eh ... mbak pramugarinya nawari makan. Hihi


Ternyata Garuda nyediakan makan gratis juga, lumayan. Pilihannya waktu itu ada sate ayam atau lontong sayur. Dan ya, aku pilih lontong aja + susu. Nikmat banget gaeeeeeees wkwkwk dan by the way itu adalah susu UHT pertama yang aku minum tanpa rasa manis, biasanya minum susu selalu manis. Setelah makan aku lanjut bobok lagi, karena landing masih sekitar satu jam setengah. 

Dan yasssss, Alhadulillah sampai dengan selamat di Surabaya. Walaupun take off nya goyang banget karena lagi hujan deras. Tapi landingnya lancar kok ..

Kami turun pun dari pesawat, ambil bagasi dan langsung naik bus menuju kota Malang. Sesampai di Atria Hotel and Confrence, kami langsung istirahat karena harus siap-siap untuk Pembukaan Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing tahun 2014.


Yang sangat disayangkan adalah kenangan ini udah cukup lama, 5 tahun yang lalu. Aku udah hampir lupa siapa aja kami perwakilan dari Sumatera Utara. Yang aku ingat, Kak Dahriah, Kak Agnes dan Kak Aisyah untuk debat bahasa Inggris, Bang Jaka bahasa Jepang, Kak Dewi bahasa Perancis duh sisanya maafin ya kakak abang.. Nisa lupa namanya T.T

Nah, ini dia .. waktunya pembukaan. Ada banyak tari tarian, musik dan kata sambutan. Tapi sebenernya aku ga begitu ingat karena ya lagi lagi, udah lama banget dan dulu belum jaman ngevlog yak, jadinya ga pake video video segala, punya hp bisa foto aja udah Alhamdillah .. hehehe

Di acara pembukaan LDBI&BA (Nisa, Jaka, Agnes, Dahriah)

Nasi kotak pertama
Nah kalau ini bakso Malang pertama. Enaaaaaaaaaaaaaaak banget - Nyari nya muter-muter hotel

Sampai lah hari pertama, yang aku ingat kita brifing gitu tentang tata tertib lombanya gimana dan apa aja tema yang akan dibawa. Kita dibawa naik bus ke Universitas Negeri Malang, isi busnya random. Aku kenalan sama anak Sulawesi Barat, namanya Bang Adnan. Temennya ada lagi tapi lupa juga namanya siapa hehe.


Hari pertama cuma itu aja sih kayanya, lanjut hari kedua. Sebelum hari kedua dimulai. I wanna tell you a little sad story.

Aku hanya seorang anak berumur 15 tahun yang baru tiga bulan belajar bahasa Mandarin. Juri memilih tim dari sekolahku karena melihat semangat kami yang besar dan karena aku bisa melafalkan bahasa Mandarin dengan baik walaupun nadanya belum benar.

Dimulai dari aku memanggil guru pembimbingnya Kak Kristin dengan sebutan Laoshi. Sebenarnya yang seharusnya mengajari kami latihan itu adalah Juri. Tapi karena Laoshi dan Miss Tan ikutan, ya akhirnya ada tiga guru yang melatih aku dan Kak Kristin.

Malam sebelum kami tampil, something happend in our room. I know i still lack of Mandarin but yeah i've try my best. Tapi sepertinya usaha itu tidak dilihat oleh seorang Laoshi yang sudah sangat berpengalaman yang sekarang terlihat kesal karena nadaku terus salah. Miss Tan yang juga hanya seorang mahasiswa tidak bisa berbuat banyak sebagai guru pembimbingku. 

Walaupun Juri dengan sabar mengajariku berkali-kali. Tapi Laoshi itu tetap saja kesal dan akhirnya melemparkan kertas latihannya ke arahku. Mataku mulai berair. Aku sedih banget rasanya. Ini kali pertama ada yang bersikap kasar samaku :')

Aku juga gamau jadi orang bodoh, yang ngelakuin banyak kesalahan. Aku mencoba sebisa ku, tapi semua ini terlalu mendadak. Sudahlah, aku ga pengen kelihatan lemah. Aku menelan ludah dan coba membaca berulang kali. Kak Kristin pun membantu ku. Suasana di kamar hotel jadi senyap setelah Laoshi  itu melempar kertas ke arahku.

Laoshi  itu berbicara dengan kesal menggunakan bahasa Mandarin ke Juri. Entah apalah yang mereka bicaraka aku ga ngerti. Dan akhirnya Miss Tan perlahan berbisik, "Laoshi itu bilang : Kenapa Juri milih kamu padahal kamu kurang pintar, dan Juri jawab : Karena pelafalan kosa katanya bagus, walaupun banyak salah nada, maklumin aja sih, namanya baru belajar Mandarin, yang penting dia semangat, jangan patahkan semangatnya lah."

Aku mendengarnya hanya bisa tersenyum kecut. Dan akhirnya aku putuskan untuk pindah kamar ke teman yang lain. Miss Tan, Kak Kristin dan Laoshi tetap dikamar. Pengalamannya pahit banget sih ini sebenernya. Tapi ndak apa :)

Aku jadi belajar gimana cara menghandle rasa kecewa dan amarah. Walaupun ada yang menyepelekanku, aku masih punya banyak semangat and i push myself to make it works. Like many people said, Done is better than perfect (maksudnya sesuatu yang sudah  terlaksana lebih bagus dari pada harus menunda-nunda untuk melakukan sesuatu yang sempurna)

Skip ke esokan harinya. Hari yang ditunggu-tunggu. Alhamdulillah lancar tapi ya tetep aja ya penampilan ga maksimal. Maaf Sumatera Utara, aku mengecewakanmu. 





Dan ya .. memasuki hari selanjutnya, hari pengumuman. Alhamdulillah kita MENANG. Iya bener banget. MENANGGUNG malu :') Ga ada perwakilan Sumatera Utara yang juara. Maafkan kami ya SUMUT  :') Kami malu sekali ........

Gapapa yah walau kalah, kita tetap tersenyum dan yang paling penting kita makan kue kotaknya hehe

Keesokan harinya, kami ga ada niat untuk pergi kemana-mana. Kami cuma pengen nyantai duduk di kursi empuk yang ada di lobby hotel. Nah waktu semuanya pada ngumpul, Juri-juri dari Sumatera Utara pada ngajakin pergi ke Kota Batu. Wihhh pada senang semua, jingkrak jingkrak dong ya hahaha. Sembari para Juri cari bus, kami langsung ngebbm temen-temen yang masih ada di kamar untuk siap-siap. Ga lupa dong, kami jepret dulu .. untuk kenang-kenangan.


Dan ya ... akan bersambung di next postingannya .. Jalan Jalan ke Kota Batu, Malang.

Related Posts

1 comment

  1. Thanks ya udah berbagi cerita, aq jd nostalgia...
    Aq ada di salah satu foto, tp lagi membelakangi kamu pas acara pembukaanšŸ¤£

    ReplyDelete

Post a Comment