Awal mula pilih SMK


Assalamualaikum

Hai everyone. Kita mulai yuk ceritanya. Pada zaman dahulu ........ haha becanda. Ini cerita gabakal dimulai dari masa penjajahan Belanda kok.

It must be anyone of you pengen banget bisa ngomong bahasa Inggris kayak air dong ya? Selain bisa banggain orang tua, bahasa inggris bakal ngebantu banget waktu cari kerja. Jadi dari dulu itu ambisi aku adalah "Jago Bahasa Inggris". Sampe akhirnya, it was my destiny. 

Ada sekolah swasta yang promosi ke kelas waktu aku smp dulu. Smartschool IT. Sekolah swasta yang nawarin pendidikan diluar kurikulum pemerintah Indonesia. Aku inget banget waktu Sir Adib dengan kulit gelap dan badan besarnya ngomong di depan kelas pakai bahasa Inggris yang lancar banget. He promoted his school with all of his heart, i think. Hahaha

They said : "Kita bakalan ngomong pakai bahasa Inggris tiap hari. Kita bukan sekolah yang mengejar nilai, kita full praktik. Jadi siswa yang lulus ga cuma datang duduk belajar dengerin guru ngoceh. Tapi kita lulus dengan hard skill dan soft skill yang oke."

Dari semua murid yang ada di sekolah smp ku. Hanya aku yang pilih masuk Smartschool IT. Entah apa dulu yang ku pikirkan. Saat semua temenku coba SMK dan SMA negeri walaupun NIMnya pas pasan. Tapi dengan NIMku yang cukup bagus, aku sama sekali ga nyobain ujian masuk SMK/SMA negeri.
Good..
___________________________

Sampai akhirnya dimulailah perjalanku. Mulai kurus. Makin kurus. Tali pinggang bisa diputer 2x. Pinggang mirip boneka barbie karena sekolahnya fullday. Dulu jurusan di sekolahku ada Rekayasa Perangkat Lunak(Game dan Aplikasi) dan Multimedia(Animasi dan TV Production). Dan dari tes yang aku jalani aku dianjurkan masuk RPL dan memang sebenarnya aku pilih itu karena arahan Mamak.

Dulu aku ga tau kalau 'Programming' itu subhanallah.. Bikin kurus badan dan kepala botak. Ini pelajaran apaan? Titik koma, variabel, tipe data, array, nested for. Belum lagi tugas fisika, conversation bahasa Inggris, dan ni hao zao shang hao bahasa Mandarin. Ampun!!

Aku ga tau bakalan sesulit ini. Kalau salah satu temen sekelas ga bisa install Windows 8 entar pada ga boleh keluar kelas. Ga nyangka ujian bakal ngapal coding. Karena ga bisa ngopek apalagi nyontek karena by the way siswa ditahun ajaranku cuma 7 orang. Kita 7 orang dengan mental hellokitty diasah jadi mental baja.

( Nama sesuai dengan urutan siswa yang paling kanan )
1. Rizky Salman
2. Rina Nurhayati
3. Khairunnisa
4. Fitri Ramdani
5. Mutia Noviyanti
6. Nova Sakhana Aurillia
7. Richard Austen





Saat sekolah lain udah ngadain UTS, kita masih ngulang pelajaran smp dan masih bikin makalah jenis-jenis tipe data dan flowchart. Sampai di bulan sekolah lain udah mulai UAS, dan kita ternyata ga ujian. Tapi kita mulai fokus belajar ke software sesuai jurusan kita. Construct 2, Blender dan Sony Vegas.

Aku dan temen sekelas udah mulai pisah ruangan. Tiga orang game dengan Construct 2. Tiga orang animasi dengan Blender. Satu video editing dengan Sony Vegas. Kita diajarin basic dasar dari software itu dan kita ditugasin buat satu project simple yang bisa ditunjukin ke Kepala Sekolah sebagai persyaratan untuk prakerin.

Yup!  Kita bakalan prakerin di bulan Februari tahun 2015. Kita prakerin di jawa. Karena di Medan khususnya untuk game dan animasi studionya belum ada (ini kita gatau ada apa engga, karena Kepala Sekolah yang rekomendasi). Cerita sedihnya adalah, saat tau biaya prakerinnya mahal dan ngebuat orang tua masing-masing dari kami bingung harus cari uang kemana buat ngebiayain anak-anaknya prakerin di pulau Jawa sana.

Yang bikin 'Simalakama' nya tuh, kalau kita di Medan, prakerin kita bakalan ga jelas karena ga ada tempat untuk prakerinnya. Tapi kalau kita pergi kasian orang tua yang cari uang buat biaya kita.

Aku dulu masih belum nalar banyak ya tentang masalah orang dewasa. Awalnya aku maksa buat pergi. Sampe suatu hari Mamak nangis depan aku, nyeritain rincian biaya yang harus dibayar kalau aku prakerin di Jawa. Akhirnya aku nyerah, aku ga tau diri banget kan, kalau harus maksain orang tua. *maafin kalo dulu sempet egois

Tapi, setelah kejadian itu. Kepsek ngadain rapat orang tua lagi dan ngebahas solusinya. Dan  Mamak bilang Alhamdulillah semua-tujuh orang siswa-pergi prakerin ke Jawa dan fokus di kota Solo dengan wilayah yang beda beda. Masalah biaya bakalan ditutupi Kepala Sekolah dulu.

Related Posts

Post a Comment